[TIPS & TRICK] MENGHADAPI UTS, UJIAN, DAN SEBAGAINYA



Oke, disini saya akan memberi kalian tips & trik untuk menghadapi UTS.
UTS? yap, UTS adalah Ujian Tengah Semester yang biasa dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin pada Kampus-kampus kebanyakan UTS dilaksanakan pada setelah pembelajaran minggu ke-7 tapi tidak untuk Kampus yang berada dikota Depok.

UI? UI itu apa ya? User Interface? BUKAN! Bukan UI ataupun BSI. Saya berkuliah di Kampus yang kebetulan mempunyai banyak cabang. Bisa dibilang Kampusnya sebesar Depok. Yap mana lagi kalau bukan Universitas Gunadarma.

Gunadarma atau UG atau Gundar atau apalah itu, melaksanakan UTS nya berbeda dari kebanyakan Kampus-kampus yang melaksanakan UTS setelah pembelajaran minggu ke-7. Lah terus? Hhhmm Gundar itu melaksanakan UTS nya setalah pembelajaran minggu ke-10. Loh?! terus pembelajaran sebelum UAS cuma 4 minggu dong? Iya! karena sistem pembelajaran dan pengambilan nilainya adalah 70% nilai UTS dan 30% UAS, dan atau ada UU (Ujian Utama) bisa 50% UTS dan 50 UU.

Bingung? Langsung aja masuk Gundar biar ga bingung.

Nah langsung aja ini dia beberapa kunci sukses menghadapi Ujian.

#1 Mindset Pasti Juara
Hal mendasarkan yang membedakan juara dan yang tidak juara terletak pada pola pikir. Pola pikir akan mewujudkan dalam tindak. Orang bisa sukses karena tindakannya dan semua tindakan itu berasal dari pola pikir sukses. Kunci Sukses yang pertama adalah memiliki pola pikir mahasiswa sukses. 

#2 Disiplin dalam Belajar
Tidak disiplin dan suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian. Sebenarnya bukan tidak ada waktu atau kesempatan untuk belajar melainkan kita selalu menunda-nunda waktu senggang untuk belajar. Belajar dulu baru melakukan hal yang lain.

#3 Strategi Manajemen Waktu
Terlalu banyak bermain dan melupakan belajar membuat kita mendapat nilai jelek. Sebaliknya terlalu banyak belajar dan tidak bermain membuat anak menjadi stres. Perlu ada keseimbangan antara belajar dan bermain dalam masa ujian. PLAY HARD! STUDY HARD!

#4 Berlatih untuk Menghadapi Ujian
Semakin banyak berlatih kita semakin siap menghadapi ujian. Bagaimana berlatih yang tepat untuk melewati masa ujian dengan sukses? Jawabannya ada di tips no. 5.

#5 Strategi Mengerjakan Soal
Hal yang sering kali dilupakan oleh kita adalah cara mengerjakan soal yang tepat saat ujian. Kunci Suksesnya adalah cara mengerjakan soal ujian dengan tepat agar mendapatkan nilai maksimal.



Referensi: junianton.com/9ksmu/ujian/
Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment