SEMAR LABIRIN (UNITY 3D GAME)

     SEMAR LABIRIN

      Dibuat dan disusun oleh:
  • Rangga Dwi Fachreza    (58414905)
  • Rohmat Gunawan           (59414780)
  • Yogi Husyen Prasetya    (5C414421)

Semar Labirin adalah permainan edukasi pewayangan yang menggunakan bahasa pemrograman C# yang terdapat di dalam aplikasi unity. Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Sedangkan karakternya (semar) dibuat dalam bentuk 3D didalam aplikasi blender. Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.

Konsep game yang dibuat yaitu ketelitian dan kesabaran dalam memainkannya dengan cara mencari petunjuk berupa edukasi gambar pewayangan untuk keluar dari labirin dan menemukan garis finish. Game ini merupakan game yang dimainkannya khusus bebasis desktop (PC/Windows). Dalam game ini kita juga terdapat tampilan interface / GUI (Graphical User Interface) yang membuat game lebih mudah dimengerti oleh pengguna dan lebih menarik untuk dimainkan.

Tampilan Menu Utama

Tampilan Menu About

Tampilan Mulai Game

RULES
          Ada 1 buah karakter yaitu Semar yang berjalan mencari jalan keluar dari labirin dan menemukan garis finish.
·         Tata Aturan   :

Ø  Karakter semar berjalan menggunakan 3 tombol pada keyboard yaitu : tombol panah atas untuk maju, panah kanan untuk berbelok atau kearah kanan dan tombol panah kiri untuk berbelok atau kearah kiri.
Ø  Permainan ini terdapat level, saat karakter semar finish makan akan menuju ke tempat/ labirin selanjutnya dengan tingkat kesulitan lebih sulit dibanding yang pertama
Ø  Tidak ada batasan waktu dalam memainkan game semar labirin  ini.
Ø  Untuk sampai atau menemukan garis finish terdapat  petunjuk yaitu berupa gambar pewayangan , jadi saat memainkan semar dan masuk ke dalam labirin, jika menemukan gambar pewayangan , itu meruapakan petunjuk untuk sampai ke garis finish.
Ø  Dan jika karakter semar sudah mencapai garis finish, secara otomatis score akan menjadi 100 dan terdapat tulisan “Selamat Anda Menang” dan akan adamenuju ke level selanjutnya.
GOALS
Goal atau tujuan untuk menyelesaikan game Semar Labirin ini adalah mencari petunjuk pada labirin dan menemukan garis finish.
Tampilan Saat Menang

Langkah - langkah pembuatan "Semar Labirin"

1.     Untuk langkah yang pertama kita membuat dahulu scane yang berfungsi sebagai tempat menu utama, dan disini kami membuat namanya yaitu ScaneUtama.Unity. kemudian untuk perancangannya disini kami membutuhkan sebuah canvas user interface yang telah disediakan oleh Unity. Dan di dalam canvas tersebut kita menambahkan sebuah raw image sebagai background tampilan ini dan 3 buah button Mulai yang menuju ke dalam permainan, button about yang berisi nama profil pembuat, dan button exit yang berfungsi untuk dapat keluar dari game ini. Cara membuat ini dengan klik kanan pada bagian hierarcy lalu pilih UI, lalu pilih lagi canvas, setelah itu klik kanan pada canvas lalu pilih lagi UI, dan pilih raw image, lalu klik kanan lagi pada canvas , klik kanan lagi pilih UI, lalu pilih lagi button, kemudian pada button kita dapat tuliskan namanya pada bagian text, dang anti di properties sebelah kanan.






2.      Kemudian kita buat sebuah panel yang berfungsi sebagai tempat dari about, sama seperti tadi caranya klik kanan pada hierarcy lalu pilih UI, dan sekarang pilih panel. Kemudian dari panel klik kanan pilih Ui lagi dan pilih text, dan kurang lebih beginilah tampilannya.





3.        Kemudian untuk menyambungkan panel tersebut dengan tombol about , caranya yaitu dengan menggunakan script seperti dibawah ini. Setelah kita menuliskan script tersebut kita buat sebuag game object kosong lalu drag script tersebut ke game object yang barusan kita buat tadi. Kemudian pada button about kita ke inspector , lalu ke paling bawah lalu buat seperti gambar inspector tersebut. Dan jangan lupa drag panel ini ke game objek yang telah disediakan untuk panel.


4.       Kemudian kita buat scane baru lagi yang berfungsi sebagai tempat mainnya. Pertama-tama kita buat terlebih dahulu obejk tempatnya menggunakan sebuah plane dan cube. Karena disini cube cukup banyak dibuatnya maka harus dibuat sangat teliti dalam pembuatannya.


5.     Kemudian untuk karakter kami mendesainnya di blender kemudian menjadikannya animasi dan mengexportnya menjadi file fbx. Kemudian kita masukan saja file karakter. Fbx ini ke unity dengan cara di drag juga bisa. Kemudian kita atur terlebih dahulu setinggannya . klik dahulu filenya, lalu ada bagian inspector disebelahnya kemudian pada rig, animation typenya pilih yang legacy, kemudian apply. Selanjutnya pada animation pilih atau centang yang add loop frame dan wrap mode pilih yang loop, kemudian apply. Setelah itu kita masukan ke dalam hierarcy  dan kemudian kita add component dahulu karakter ini yaitu add component rigibody, mesh renderer, dan box collider. Dan pada rigibody di constraint kita centang, x,y,z. dan pada box collider kita atur ukurannya sedemikian rupa sehingga seukuran dengan karakter tersebut.


6.        Kemudian untuk bisa membuat karakter ini bergerak kita membutuhkan script control ini agar bisa berbelok ke kiri,kanan,depan,belakang, dan saat berbelok juga dapat berotasi sesuai pergeraknnya. Kemudian kita drag script ini ke dalam karakter semar ini.


7.      Selanjutnya untuk bagian finish kami menggunakan particle system jadi apabila mengenai partikel system tersebut yang ada digaris finish berarti permainan selesai dan menang. Dan muncul sebuah panel yang bertuliskan selamat anda menang. Dan bisa bermain lagi atau mau ke level yang selanjtnya.


8.          Berikut adalah sintaks yang diguanakan pada saat karakter menacapai garis finish.


GAMEPLAY SEMAR LABIRIN









Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar: