SEMAR LABIRIN
Dibuat dan disusun oleh:
- Rangga Dwi Fachreza (58414905)
- Rohmat Gunawan (59414780)
- Yogi Husyen Prasetya (5C414421)
Semar
Labirin adalah permainan edukasi
pewayangan yang menggunakan bahasa pemrograman
C# yang terdapat di dalam aplikasi unity. Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan
untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Sedangkan karakternya
(semar) dibuat dalam bentuk 3D didalam aplikasi blender. Blender adalah program
3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh
penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.
Konsep game yang dibuat yaitu ketelitian dan kesabaran
dalam memainkannya dengan cara mencari petunjuk berupa edukasi gambar pewayangan
untuk keluar dari labirin dan menemukan garis finish. Game ini merupakan game
yang dimainkannya khusus bebasis desktop (PC/Windows). Dalam game ini kita juga
terdapat tampilan interface / GUI (Graphical
User Interface) yang membuat game lebih mudah
dimengerti oleh pengguna dan lebih menarik untuk dimainkan.
Tampilan Menu About
Tampilan Mulai Game
Langkah - langkah pembuatan "Semar Labirin"
Tampilan Mulai Game
RULES
Ada 1 buah karakter yaitu Semar yang berjalan mencari jalan keluar
dari labirin dan menemukan garis finish.
·
Tata Aturan :
Ø Karakter
semar berjalan menggunakan 3 tombol pada keyboard yaitu : tombol panah atas
untuk maju, panah kanan untuk berbelok atau kearah kanan dan tombol panah kiri
untuk berbelok atau kearah kiri.
Ø Permainan
ini terdapat level, saat
karakter semar finish makan akan menuju ke tempat/ labirin selanjutnya dengan
tingkat kesulitan lebih sulit dibanding yang pertama
Ø Tidak ada batasan waktu dalam memainkan game semar labirin ini.
Ø Untuk
sampai atau menemukan garis finish terdapat petunjuk yaitu berupa gambar pewayangan , jadi
saat memainkan semar dan masuk ke dalam labirin, jika menemukan gambar
pewayangan , itu meruapakan petunjuk untuk sampai ke garis finish.
Ø
Dan jika karakter semar sudah mencapai garis
finish, secara otomatis score akan menjadi 100 dan terdapat tulisan “Selamat
Anda Menang” dan akan adamenuju ke level selanjutnya.
GOALS
Goal atau tujuan untuk menyelesaikan game Semar
Labirin ini adalah mencari petunjuk pada
labirin dan menemukan garis finish.
Tampilan Saat MenangLangkah - langkah pembuatan "Semar Labirin"
1. Untuk langkah yang pertama kita
membuat dahulu scane yang berfungsi sebagai tempat menu utama, dan disini kami
membuat namanya yaitu ScaneUtama.Unity. kemudian untuk perancangannya disini
kami membutuhkan sebuah canvas user interface yang telah disediakan oleh Unity.
Dan di dalam canvas tersebut kita menambahkan sebuah raw image sebagai
background tampilan ini dan 3 buah button Mulai yang menuju ke dalam permainan,
button about yang berisi nama profil pembuat, dan button exit yang berfungsi
untuk dapat keluar dari game ini. Cara membuat ini dengan klik kanan pada
bagian hierarcy lalu pilih UI, lalu pilih lagi canvas, setelah itu klik kanan
pada canvas lalu pilih lagi UI, dan pilih raw image, lalu klik kanan lagi pada
canvas , klik kanan lagi pilih UI, lalu pilih lagi button, kemudian pada button
kita dapat tuliskan namanya pada bagian text, dang anti di properties sebelah
kanan.
2. Kemudian kita buat sebuah panel yang berfungsi sebagai tempat dari
about, sama seperti tadi caranya klik kanan pada hierarcy lalu pilih UI, dan
sekarang pilih panel. Kemudian dari panel klik kanan pilih Ui lagi dan pilih
text, dan kurang lebih beginilah tampilannya.
3. Kemudian untuk menyambungkan panel tersebut dengan tombol about ,
caranya yaitu dengan menggunakan script seperti dibawah ini. Setelah kita
menuliskan script tersebut kita buat sebuag game object kosong lalu drag script
tersebut ke game object yang barusan kita buat tadi. Kemudian pada button about
kita ke inspector , lalu ke paling bawah lalu buat seperti gambar inspector
tersebut. Dan jangan lupa drag panel ini ke game objek yang telah disediakan
untuk panel.
4. Kemudian kita buat scane baru lagi yang berfungsi sebagai tempat
mainnya. Pertama-tama kita buat terlebih dahulu obejk tempatnya menggunakan
sebuah plane dan cube. Karena disini cube cukup banyak dibuatnya maka harus
dibuat sangat teliti dalam pembuatannya.
5. Kemudian untuk karakter kami mendesainnya di blender kemudian
menjadikannya animasi dan mengexportnya menjadi file fbx. Kemudian kita masukan
saja file karakter. Fbx ini ke unity dengan cara di drag juga bisa. Kemudian
kita atur terlebih dahulu setinggannya . klik dahulu filenya, lalu ada bagian
inspector disebelahnya kemudian pada rig, animation typenya pilih yang legacy,
kemudian apply. Selanjutnya pada animation pilih atau centang yang add loop
frame dan wrap mode pilih yang loop, kemudian apply. Setelah itu kita masukan
ke dalam hierarcy dan kemudian kita add
component dahulu karakter ini yaitu add component rigibody, mesh renderer, dan
box collider. Dan pada rigibody di constraint kita centang, x,y,z. dan pada box
collider kita atur ukurannya sedemikian rupa sehingga seukuran dengan karakter
tersebut.
6. Kemudian untuk bisa membuat karakter ini bergerak kita membutuhkan
script control ini agar bisa berbelok ke kiri,kanan,depan,belakang, dan saat
berbelok juga dapat berotasi sesuai pergeraknnya. Kemudian kita drag script ini
ke dalam karakter semar ini.
7. Selanjutnya untuk bagian finish kami menggunakan particle system jadi
apabila mengenai partikel system tersebut yang ada digaris finish berarti
permainan selesai dan menang. Dan muncul sebuah panel yang bertuliskan selamat
anda menang. Dan bisa bermain lagi atau mau ke level yang selanjtnya.
8. Berikut adalah sintaks yang diguanakan pada saat karakter menacapai
garis finish.
GAMEPLAY SEMAR LABIRIN
Kak kesulitan dalam pembuatan gamenya ini apa saja?
ReplyDelete