[SOFTSKILL] PERUSAHAAN YANG BERGERAK DIBIDANG IT

ARTIKEL TENTANG PERUSAHAAN YANG BERGERAK DIBIDANG IT


KELOMPOK
NURUL AULIA R                58514254
ARYA ARMADAN               51414711
SADDAM INDRA                59414912
FIKRI RAMADAN                56414932
YOGI HUSYEN P                5C414421



1.    Nama dan profile perusahaan
 PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) resmi berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Guna meningkatkan layanan kepada lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta. Seiring dengan perkembangan perusahaan, saat ini Gamatechno memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri business. Layanan yang berfokus pada 4 segmen utama tersebut selanjutnya didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi berbasis sistem dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity untuk meningkatkan tatanan hidup masyarakat.
Nama                     : PT Gamatechno Indonesia
Alamat                   : Jalan Cik Di Tiro no. 34, Yogyakarta 55223, Indonesia
Bidang Usaha       : Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, konsultasi, dan pelatihan di bidang TI
No.Telepon           : +62-274-566161
No.Faximile           : +62-274-566160
No.NPWP               : 02.369.197.5-541.000
Akta Pendirian      : No. 1/Tgl 04-01-2005, Notaris Sumendro SH
Pengesahan          : No. C-08796 HT.01.01.TH.2005
HO                          : No. 503-0337/1234.GK/2005, Jasa TI dan Komunikasi
SIUP                       : 15/12-05/PB/V/2005, Perdagangan Barang dan Jasa
TDP                        : 120517201161
NPWP                     : 02.369.197.5.541.000
INKINDO                : A001 3471-1-120599, Bidang Telematika
Email                      : info @ gamatechno.com
Visi dan Misi
Vision 2020
To be a market leader in national smart city development
Misi
Dalam rangka pencapaian visi dan tujuan perusahaan, maka Gamatechno menjabarkan misi-misi perusahaan sebagai berikut :
1. Mengakomodasi kebutuhan, sumber daya, dan tujuan Universitas Gadjah Mada
2. Menciptakan masyarakat cerdas melalui produk-produk TI yang digunakan sehari-hari
3. Berpartisipasi aktif dalam komunitas global untuk membangun industri kreatif digital
2. Bidang spesifikasi
Untuk segmen perguruan tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system untuk pimpinan kampus.
Untuk segmen lembaga pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi (sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.
Untuk segmen transportasi dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).
Pada segmen business, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen business ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).
Selain pengembangan produk aplikasi berbasis web, mobile, smartcard dan beberapa teknologi terkini lainnya yang dikemas dalam gtSmartCity Solution, Gamatechno juga menyediakan jasa konsultasi IT, audit IT, training IT, serta layanan maintenance sistem dan agregasi konten digital.
Sebagai perusahaan yang berbasis perguruan tinggi, Gamatechno memiliki keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki perusahaan lain, yaitu sumber daya dan aset riset yang dimiliki Universitas Gadjah Mada sebagai dasar pengembangan dan inovasi produk serta layanan Gamatechno agar tercipta solusi yang tepat guna bagi masyarakat. Dan untuk melengkapi layanan total kepada pelanggan dan mitra, saat ini Gamatechno telah memiliki anak perusahaan yaitu PT Aino Indonesia yang bergerak dibidang teknologi smartcard, RFId, dan Mobile NFC.
3.    JASA PRODUK
·         Smart campus
1.    Academic Management System
Software aplikasi dalam kelompok ini berfungsi dalam pengelolaan administrasi dan manajemen akademik di perguruan tinggi yang berkaitan dengan proses perkuliahan mahasiswa.
a.     gtAdmisi (Sistem Informasi Pendaftaran Ujian Masuk) 
b.    gtRegistrasi adalah aplikasi untuk mengelola proses registrasi dan her-registrasi serta pembayaran per semester untuk mahasiswa baru/lama. Aplikasi ini dilengkapi pengaturan model pembayaran dan tarif yang fleksibel dan mudah, serta dapat men-generate invoice pembayaran sesuai preferensi kampus. Selain itu aplikasi ini menyediakan otomasi pembuatan NIM dan pencetakan KTM.
c.     gtFeeder adalah aplikasi yang mempermudah import data dan pelaporan data perguruan tinggi ke forlap PD-DIKTI sesuai dengan standar dan format yang ditetapkan DIKTI berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 56 tentang Pangkalan Data Pendidikan
d.    gtPembayaran merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk mengelola pembayaran mahasiswa
e.    gtAkademik (Sistem Informasi Akademik) adalah aplikasi untuk mengelola data akademik dan administrasi perkuliahan mahasiswa. 
f.     mCampus merupakan mobile application yang dikembangkan dengan fitur utama untuk mengakomodasi kebutuhan aktualisasi diri anak muda yang dinamis, serta membutuhkan penghargaan dan pengakuan dari lingkungan sekitarnya
2.    Resource Management System
Software aplikasi dalam kelompok ini berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki perguruan tinggi.
a.     gtBudgeting (SI Pengelolaan Anggaran)
b.    gtAset adalah aplikasi untuk mengelola inventaris aset-aset berskala besar di perguruan tinggi.
c.     gtFinansi adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola mulai penyusunan anggaran di perguruan tinggi sampai dengan laporan keuangan berbasis SAK
d.    gtSDM (Sumber Daya Manusia) adalah aplikasi berbasis web untuk mengelola data-data kepegawaian perguruan tinggi 
e.    gtPLO merupakan sistem yang dikembangan untuk melakukan pencatatan surat-menyurat di dalam kantor, serta hal-hal lain seperti manajemen surat masuk, disposisi, serta digitalisasi dan pengiriman digital surat masuk.
3.    Knowledge Management System
Software aplikasi dalam kelompok ini berfungsi untuk mengelola asset pengetahuan (koleksi pustaka dan kegiatan penelitian) yang dimiliki perguruan tinggi, serta didalamnya termasuk sistem evaluasi kinerja program studi.
a.     gtPustaka adalah aplikasi untuk mengelola kegiatan administrasi dan manajemen perpustakaan.
b.    gtRiset adalah aplikasi yang mengelola seluruh administrasi penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi.
c.     mLibrary merupakan aplikasi berbasis mobile yang dapat diakses melalui perangkat mobile baik melalui perangkat berbasis android ataupun blackberry.
d.    gtPlagiarismTest adalah aplikasi untuk menguji tingkat kemiripan tugas dan hasil karya tulis mahasiswa dan civitas akademika di pergruan tinggi.
4.    Community Management System
Software aplikasi dalam kelompok ini berfungsi sebagai database informasi beasiswa dan karir serta media komunikasi untuk mahasiswa, alumni dan dosen.
a.     gtBeasiswa merupakan software yang memfasilitasi penyediaan informasi beasiswa yang cepat, akurat dan disertai dengan pengelolaan applicant yang mudah dan fungsionalitas pelaporan yang lengkap.
b.    gtAlumniKarir merupakan aplikasi yang mengumpulkan dan mengelola data-data alumni sehingga kampus mempunyai database alumni yang terstruktur dengan baik, aplikasi ini juga berfungsi sebagai media komunikasi antar alumni serta pusat informasi karir. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai pusat informasi bagi alumni dalam mencari, melamar dan mendapatkan pekerjaan.
5.    Executive Dashboard System
Merupakan integrasi pelaporan seluruh software aplikasi operasional untuk menyajikan informasi eksekutif sebagai sarana pendukung keputusan manajemen perguruan tinggi.
a.     gtBI merupakan aplikasi yang menyediakan informasi untuk pelaporan yang dapat digunakan sebagai materi dalam pengambilan keputusan bagi para eksekutif mengenai seluruh aktifitas yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi. Informasi disajikan dalam format yang beragam, baik dalam bentuk table, grafik, rasio maupun indikator-indikator lainnya.


·         Smart government
1.    gtPerizinan
Sistem Informasi Manajemen Perizinan Terpadu Satu Pintu
Sistem informasi untuk mendukung penyelenggaraan layanan perizinan menjadi lebih jelas, transparan, cepat dan mudah
2.    mCity
Aplikasi Mobile City Informasi Layanan Publik dan Promosi Wisata
Portal informasi digital dalam bentuk aplikasi mobile yang berfungsi sebagai direktori layanan publik dan media branding pariwisata. Dengan mCity wisatawan maupun masyarakat lokal mendapat kemudahan.
3.    gtAspirasi
Sistem Informasi Manajemen Aspirasi Masyarakat
Sistem informasi yang didedikasikan sebagai media untuk menampung dan mengelola aspirasi yang berupa keluhan dan saran dari masyarakat. Mekanisme dan bisnis proses gtAspirasi mendukung akses multi kanal, sehingga aplikasi ini dapat diakses dari media web/portal, telepon, fax, surat, SMS dan email.
4.    gtPLO
Sistem Informasi Manajemen Persuratan (PaperLess Office)
Sistem yang dikembangkan untuk memudahkan pencatatan surat-menyurat di lingkungan instansi, manajemen surat masuk dan disposisi, serta digitalisasi persuratan. Sistem informasi ini mendukung konsep multi kanal, sehingga dapat diakses melalui website, email dan SMS.


·         smart tramportasion

1.    Toll Road Information System (TRIS)

Sistem informasi ini dapat digunakan oleh regulator tol, yaitu BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) dan operator tol yaitu BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) dalam melakukan proses monitoring, management dan maintenance jalan tol di Indonesia.

2.    Mass Intellegent Transport Platform (MITRO)

Sistem informasi ini berfungsi untuk mengelola dan memonitor data transportasi massal, seperti data kendaraan, perangkat GPS, pengemudi dan trayek armada. Selain itu, tersedia dashboard bagi eksekutif dan smart passanger untuk penumpang.
3.    onsumer Transport Information System (CTIS)
Pick Point
Sistem informasi dalam kelompok ini ditujukan kepada masyarakat luas untuk mempermudah penggunaan angkutan umum non trayek.
·         Smart business
1.    gtERP
GtERP adalah kumpulan sistem informasi yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan perusahaan secara lebih efektif dan efisien, dimanapun dan kapanpun.
2.    eOviz
eOviz Cloud Business System merupakan kumpulan sistem informasi yang diciptakan untuk mempermudah pengelolaan perusahaan secara lebih efektif dan efisien dimana saja dan kapan saja.
3.    Safety Confirmation
Software aplikasi dalam kelompok ini tentang healthcare dan safety management system
4.    gtSMS
Layanan SMS Gamatechno
·         consulting and trining
1.    Consulting
Penyediaan jasa konsultasi IT bagi perusaahan maupun organisasi agar dapat menentukan solusi yang paling tepat untuk diterapkan secara efektif dan efisien.
1. Pembuatan Master Plan dan Cetak Biru TI
2. Audit IT
2.    Training
1. Pelatihan IT bagi perusaahan maupun organisasi yang dapat membantu dan mempermudah proses implementasi IT, transfer knowledge, dan sertifikasi karyawan.
2. BIG Data Training Series
3. Security Training Series
4. GTFW Training Series
            7. smartcity solution
4. client
Academic Institutions
·         Akademi Akuntansi YKPN
·         Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu
·         Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
·         Akademi Teknologi Kulit
·         AMIK Bina Mandiri
·         AMIK Kartika Yani
·         APMD Yogyakarta
·         Balai BP3 Ilmu Pelayaran
·         Institut Pertanian Bogor
·         Institut Sains dan Teknologi AKPRIND
·         ISI Denpasar
·         ISI Yogyakarta
·         MM UGM
·         MMTC-Deplu
·         Osaka University - RESPECT
·         Politeknik Negeri Banjarmasin
·         Politeknik Negeri Lhokseumawe
·         Politeknik Negeri Jakarta
·         Politeknik Negeri Pontianak
·         Politeknik Negeri Semarang
·         Politeknik Banjarmasin
·         Politeknik Negeri Padang
·         SMKN 1 Tengaran Semarang
·         ST Multi Media MMTC Yogyakarta
·         Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
·         STAIN Curup
·         STAN
·         STIE Dharma Andalas
·         STIE Musi
·         STIE YKPN
·         STMIK Akakom
·         STMIK Jendral A Yani
·         STMIK Potensi Utama
·         STMIK Teknokrat
·         STMIK Widya Cipta Dharma
·         STT Musi Palembang
·         UIN Alaudin Makassar
·         UIN Sunan Gunung Djati
·         UIN Sunan Kalijaga
·         UPT Perpustakaan Unit I UGM
·         UPU Perpustakaan UGM

·         Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa
·         Universitas Ahmad Dahlan
·         Universitas Al-Azhar Indonesia
·         Universitas Andalas Padang
·         Universitas Atmajaya
·         Universitas Bengkulu
·         Universitas Bhayangkara
·         Universitas Bung Hatta
·         Universitas Bung Karno
·         Universitas Dian Nuswantoro
·         Universitas Flores
·         Universitas Gadjah Mada
·         Universitas Hasanuddin
·         Universitas Ida Bajumi
·         Universitas Indonusa Esa Unggul
·         Universitas Internasional Batam
·         Universitas Islam Bandung
·         Universitas Islam Indonesia
·         Universitas Islam Sultan Agung Semarang
·         Universitas Khairun
·         Universitas Kristen Duta Wacana
·         Universitas Lambung Mangkurat
·         Universitas Malang
·         Universitas Malikusaleh
·         Universitas Muhammadiyah Gresik
·         Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
·         Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
·         Universitas Mulawarman
·         Universitas Muria Kudus
·         Universitas Negeri Jakarta
·         Universitas Negeri Padang
·         Universitas Negeri Semarang
·         Universitas Negeri Yogyakarta
·         Universitas Negeri Papua
·         Universitas Palangkaraya
·         Universitas Pancabudi
·         Universitas Pattimura
·         Universitas Riau
·         Universitas Sam Ratulangi
·         Universitas Sanata Dharma
·         Universitas Semarang
·         Universitas Setia Budi Solo
·         Universitas Siswa Bangsa Indonesia
·         Universitas Sriwijaya
·         Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
·         Universitas Sumatera Utara
·         Universitas Syiah Kuala
·         Universitas Tarumanegara
·         Universitas Terbuka
·         Universitas Timor
·         Universitas Trunojoyo
·         UPN Veteran Yogyakarta



Business Institutions 

·         Bank BCA
·         Bank BNI
·         Bank BRI
·         Bank Mandiri
·         Bank Mega
·         Bank Riau
·         BPD DIY
·         BPR Bank Daya Ekonomi
·         BPR Bank Jogja
·         Braincode
·         British Petroleum
·         Coca Global
·         CV Canthing Intersolusi
·         CV Multimedia Learning Centre
·         Datalink
·         Bakpia Djava
·         Drumband Cilik UNY
·         Exelcomindo Pratama
·         Front Pembela Islam DIY-Jateng
·         Gadjah Mada Medical Center
·         Gama Book Store
·         Gama Multi Usaha Mandiri
·         GEMPLUS
·         Goro
·         Handicap International
·         Hugo's Cafe
·         Imperium Happy Puppy
·         Indonesia Power
·         Indosat
·         Indosat Multi Media Mobile
·         Jogja Media Net
·         Jogja Tourism Yogyakarta
·         Mandiri Sekuritas
·         Merapi Golf
·         Microsoft Indonesia
·         Natasha Skin Care
·         Nokia Indonesia
·         PB Karya Manunggal
·         PD BPR Bank Jogja
·         Pertamina
·         Plaza Ambarrukmo
·         Primagama
·         PT Askes
·         PT Askes Regional VI DIY-Jateng
·         PT BTPN
·         PT ION International
·         PT Kaltim Jasa Sekuriti
·         PT Kharisma Mitra Sejahtera
·         PT Kusuma Sandang
·         PT Mahestra Setia Pradana
·         PT Manunggaling Rizki Karyatama
·         PT Pembangunan Jaya Ancol
·         PT Putra Mataram Sejahtera
·         PT Telekomunikasi Indonesia
·         PT Taman Wisata Candi
·         Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan
·         Radio Geronimo FM
·         Radio Prambors FM Solo
·         Radio Solo Audio Utama
·         Radio Swaragama FM
·         Restaurant New Santai Ria Semarang
·         Rumah Sakit Bethesda
·         Rumah Sakit dr. Oen
·         Rumah Sakit Syaiful Anwar
·         Saxwood
·         SENADA
·         Telkomsel
·         Tiga Serangkai Inti Korporat
·         TVRI Stasiun Yogyakarta
·         UD Sinar Abadi
·         Vico Indonesia
·         Yakkum Emergency Unit



Government Institutions

·         Badan Informasi Daerah DIY
·         Badan Kepegawaian Nasional Regional I
·         Badan Pariwisata Daerah DIY
·         Baperpusda DIY
·         Bappeda DIY
·         Bappeda Kab Sleman
·         Bawasda Inspektorat DIY
·         BBRSBG Temanggung
·         Bank Indonesia Yogyakarta
·         Bank Indonesia Kupang
·         Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
·         Dinas Pasar Kab Sleman
·         KPDE Kota Yogyakarta
·         Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah
·         Dinas Pendidikan Kota Padang
·         Dinas Pendidikan Papua
·         Dinas Perkebunan Jambi
·         Dinas Pertanian DIY
·         Disbudpar Jateng
·         DISHUBKOMINFO Surakarta
·         DISNAKER Transmigrasi Semarang
·         Disperindagkop DIY
·         DPPKA DIY

Daftar pustaka sumber
https://www.gamatechno.com
·         Kantor Inkom GK
·         Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul
·         Kementerian Luar Negeri RI
·         Kementerian Perhubungan RI
·         KPDE Kota Yogyakarta
·         Pemerintah Kabupaten Bantul
·         Pemerintah Kabupaten Boyolali
·         Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
·         Pemerintah Kabupaten Sleman
·         Pemerintah Kota Yogyakarta
·         Pemerintah Provinsi DIY
·         Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
·         Pemkab Bangka Barat
·         Pemkab Kendal
·         Pemkab Sikka-Maumere
·         Polda Jambi
·         Polda Kalimantan Selatan
·         Puslitbang Hutan Tanaman Bogor
·         The Asia Foundation



Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

12 komentar:



  1. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila ada yang ingin bermain game SLOT bisa mengunjungi judi online slot karena berapapun kemenangan anda pasti akan dibayar

    ReplyDelete

  2. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, sbobet wap solusinya situs judi bola terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar

    ReplyDelete
  3. Agen Slot Joker123 Situs judi terbaik dan terpercaya Indonesia dengan yang sangat lengkap dengan Jackpot terbesar.

    ReplyDelete
  4. kali ini saya akan memberika cara yang mudah untuk mendaftar game judi sbobet resmi.
    CARA DAFTAR SBOBET RESMI

    ReplyDelete
  5. Untuk anda pemain judi slot online Joker123 online yang setia tidak perlu modal besar saat memainkan game slot online

    ReplyDelete

  6. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, togel online solusinya situs judi terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar

    ReplyDelete

  7. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, judi togel online solusinya situs judi terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar

    ReplyDelete
  8. Pada hari ini saya akan merekomendasikan salah satu situs Agen Sbobet Terpercaya yang sudah sangat populer ini dan pastinya mereka sudah terbukti sekali akan membayar berapapun jumlah kemenangan anda pastinya.

    ReplyDelete
  9. AGEN SLOT JOKER
    merupakan agen judi online yang terbaik dan terpercaya di seluruh indonesia saat ini

    ReplyDelete

  10. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, sbobet wap solusinya situs judi terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar

    ReplyDelete
  11. terima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila Cari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, sink alternatif login joker123 solusinya situs judi joker123 terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar.

    ReplyDelete
  12. beberapa situs poker online idn terpercaya dengan permainan online yang membuat anda senang

    ReplyDelete