MEMAKNAI HARI SUMPAH PEMUDA BAGI PEMUDA ZAMAN MODERN


Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita.

Namun perjuangan mempersatukan bangsa, seperti pada masa Sumpah Pemuda dahulu, sudah tidak dirasakan pemuda masa kini. Meski demikian, semangat dan rasa cinta Tanah Air patut untuk dipertahankan guna menghargai jasa-jasa pahlawan terdahulu yang telah berkorban untuk membela negara.

Lalu bagaimana para pemuda Indonesia memaknai Hari Sumpah Pemuda di zaman sekarang?

Salah satu contohnya yaitu adalah BERKARYA. Berkarya adalah salah satu contoh memaknai hari Sumpah Pemuda.

Salah satu contohnya ialah Bayu Santoso, Mahasiswa ISI Jogja jurusan Desain Komunikasi Visual ini memenangkan lomba desain cover album yang diadakan oleh band ternama asal Amerika, Maroon 5. Desain karyanya berupa gambar wajah harimau putih dengan guratan berbentuk V pada bagian hidung. Hasil karyanya mampu memenangkan lomba desain yang diikuti oleh banyak orang dan berhak menjadi cover album Ke 5 dari Maroon 5.


“Bayu yang saat ini masih menekuni dunia kuliah memang sering mengikuti lomba desain. Sebelum memenangkan kontes kali ini, dia sudah pernah juga memenangkan kontes artwork yang diadakan oleh musisi legendaris Billie Joe.” Dikutip dari Hipwee.com
 

Itu adalah salah satu contohnya, dengan cara berkarya kita bisa mengharumkan nama bangsa bahkan bisa mempersatukan bangsa itu sendiri.


Referensi: hipwee.com, wikipedia.com, kaskus.co.id
Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment