[ILMU SOSIAL DASAR] DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME (TUGAS 7)

DISKRIMINASI
Setiap orang berhak mendapatkan persamaan kesempatan dan persamaan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi.

Diskriminasi termasuk pembedaan berdasar pada ras, etnis, warna kulit, jenis kelamin, orientasi sekseual, agama, aliran politik, disabilitas yang mengakibatkan perlakuan yang tidak sama.

Ada diskriminasi yang langsung dan yang tidak langsung. Bukan hanya perlakuan yang sengaja. Diskriminasi yang tidak langsung adalah praktek-praktek yang tampak netral tetapi menghasilkan perlakuan yang tidak sama terhadap seseorang dengan karakteristik tertentu.

Kita ambil contoh yaitu diskriminasi terhadap perbedaan kulit, kasus ini sering terjadi di sebuah negara dimana penduduknya memiliki perbedaan kulit berdasarkan keturunan. Contohnya saja pada dunia sepak bolah ada kejadian dimana salah satu pemain dari klub terkenal diinggris melakukan tindakan diskriminasi terhadap pemain lawan yang nyatanya memiliki perbedaan warna kulit, diskriminasi tersebut biasa disebut rasis. Diskriminasi sangat ditentang di semua negara karena korbannya tidak mengalami luka fisik akan tetapi luka psikologis yang mungkin susah untuk disembuhkan.

ETNOSENTRISME
Etnosentrisme adalah sikap yang menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya sebagai tolok ukur untuk menilai kelompok lain.

Apabila tidak dikelola dengan baik, perbedaan budaya dan adat istiadat antarkelompok masyarakat tersebut akan menimbulkan konflik sosial akibat adanya sikap etnosentrisme. Sikap tersebut timbul karena adanya anggapan suatu kelompok masyarakat bahwa mereka memiliki pandangan hidup dan sistem nilai yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya.

Sebenarnya kasus seperti ini sedang marak dimasyarakat dengan berbeda pandangan antar kelompok yang disebabkan "tidak suka" dengan cara pandang kelompok lain. Apabila terjadi perselisihan yang terjadi akibat sikap etnosentrisme ini maka akan terjadi perpecahan seperti tawuran, bentrok warga, dan perpecahan lainnya.
Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment