[ILMU SOSIAL DASAR] TUGAS 2

PERAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN INDONESIA


Di dalam sejarahnya, pemuda adalah aktor perubahan dan dianggap sebagai kalangan pembaharu tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada banyak peristiwa sejarah di Indonesia yang membawa dampak perubahan dengan peran serta mahasiswa di dalamnya. Salah satu contohnya yaitu pada jatuhnya rezim otoriter Soeharto pada 1998. Gerakan mahasiswa yang menuntut reformasi.

Reformasi berarti perubahan dengan melihat keperluan masa depan, dengan menekan untuk kembali ke bentuk asal dengan menghentikan penyimpangan-penyimpangan. Reformasi juga bisa disebut suatu perombakan menyeluruh dari suatu sistem kehidupan dalam aspek politik, ekonomi, hukum, sosial dan pendidikan yang termasuk di dalamnya.
Dimulai dengan protes mahasiswa yang menuntut reformasi politik. Kemudian timbul kerusuhan yang di awali dengan unjuk rasa menolak kenaikan BBM. Puncaknya adalah saat tragedi trisakti 1998. Kebencian mahasiswa pada masa orde baru itupun memuncak, karena hal tersebut hampir seluruh mahasiswa di indonesia menuntuk pemerinah untuk melakukan reformasi. Hingga pada akhirnya presiden Soeharto pada masa itu pun menyatakan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Indonesia. Ini memperlihatkan reformasi tersebut dilakukan oleh mahasiswa dan pemuda indonesia untuk pembangunan indonesia yang lebih baik lagi.


Peran pemuda dalam pembangunan indonesia tidak hanya ini, sebelum kejadian ini sudah ada pergerakan pemuda seperti sebelum kemerdekaan NKRI. Sejak tahun 1908 dengan berdirinya Boedi Oetomo, mahasiswa Indonesia mulai mengadakan persatuan untuk mendiskusikan dan memperjuangkan nasionalisme bangsa Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, gerakan mahasiswa mengalami persatuan, namun di  Belanda juga. Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang belajar disana mendirikan organisasi-organisasi pemuda Indonesia, seperti Indoneische Vereeninging, Indische Partij, Indische Sociaal democratische (ISDV) dan lainnya. Dan dari kebangkitan pemuda yang dimotori mahasiswa tersebutlah, maka pada tanggal 28 Oktober 1928 pada kongres pemuda II, maka dicetuskanlah “Sumpah Pemuda”. Ikrar yang menjadikan seluruh pemuda di Indonesia mengakui bahwa hanya ada satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, yakni Indonesia.   




Referensi: wikipedia, rickyanggili.blogspot.com.
Share on Google Plus

About Yogi Husyen Prasetya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment